English Version | Frequently Ask Questions (FAQ's)


 
     

Forum Komunikasi Kelitbangan 2015

Sumber: program dan evaluasi


5 Juni 2015

Follow pustakabogor's board news on webs on Pinterest.

Menurut Undang-Undang No. 18 Tahun 2012, pangan merupakan kebutuhan dasar utama manusia paling utama, dan pemenuhannya merupakan hak asasi setiap rakyat Indonesia. Upaya untuk mencapai kedaulatan pangan yang merupakan amanah UU tersebut ditetapkan melalui upaya pencapaian swasembada padi, jagung, dan kedele (pajale) oleh Kementerian Pertanian (Kemtan). Hal ini menunjukan keseriusan pemerintah dalam peningkatan produksi komoditas strategis tersebut. Sebagai salah satu institusi dibawah Kemtan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dengan inovasi teknologi pertanian yang telah dihasilkannya siap untuk mensukseskan upaya pencapaian swasembada pajale tersebut.

Untuk meningkatkan kepedulian terhadap inovasi tersebut, maka dilaksanakan seminar Forum Komunikasi kelitbangan (FKK). Seminar ini dilaksanakan oleh Balitbangtan melalui Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian pada tanggal 4 Juli 2015. Melalui seminar ini, disajikan inovasi teknologi yang telah dihasilkan dan upaya-upaya strategis yang dilakukan dalam mensukseskan swasembada komoditas strategis pertanian. Seminar FKK 2015 kali ini mengambil tema Upaya Khusus Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dalam Percepatan Swasembada Pangan dan Peningkatan Produksi Komoditas Pertanian Strategis Tahun 2015-2019, dibuka oleh Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Ir. Gayatri K. Rana, M.Sc. Pada pembukaannya beliau menyampaikan agar seminar FKK ini dapat menghasilkan rekomendasi yang dapat kita gunakan untuk penguatan koordinasi antara Kementerian/Lembaga, kematangan mekanisme pelaksanaan kegiatan, serta mempertajam substansi program swasembada pangan dan peningkatan dari tangan produk pertanian.

Seminar FKK Kementerian Pertanian yang diselenggrakan di Auditorium Utama Ir.Sadikin Sumintawikarta Cimanggu Bogor ini Seminar dihadiri oleh 90 orang yang terdiri atas 30 orang dari komunitas FKK, 16 orang eselon II Kementerian Pertanian, 36 orang peneliti/perekayasa/penyuluh/pustakawan Badan Litbang Pertanian, dan 8 orang dari dinas terkait pertanian Bogor, Depok, Sukabumi, dan Cianjur. Sedangkan materi yang disampaikan meliputi: 1) Kebijakan Badan Litbang Pertanian dalam Percepatan Swasembada Pangan dan Peningkatan Produksi Komoditas Strategis Tahun 2015 2019 (Dr. Ir. Chandra Indrawanto,M.Sc. Kepala Bagian Kerjasama, Hukum, Organisasi dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Balitbangtan); 2) Strategi dan Inovasi Teknologi Balitbangtan dalam Rangka Peningkatan Produksi Daging 2015-2019 (Dr.Ir. Bess Tiesnamurti, M.Sc. Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan); 3) Strategi Dan Inovasi Teknologi Badan Litbang Pertanian dalam Rangka Pencapaian Swasembada Padi, Jagung Dan Kedelai 2015-2019 (Dr. Ir. I Nyoman Widiarta, M.Agr. Kepala Bidang Program dan Evaluasi pada Puslitbang Tanaman Pangan); 4) Strategi dan Inovasi Teknologi Badan Litbang Pertanian dalam rangka Peningkatan produksi Tebu (Ir. Mastur, M.Si. Ph.D. Kepala Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat); dan 5) Strategi Dan Inovasi Teknologi Badan Litbang Pertanian Dalam Rangka Peningkatan Produksi Bawang Merah Dan Cabai (Dr. Idha Widi Arsanti, SP,MP. Kepala Bidang Program dan Evaluasi Puslitbanghor).

   
Copyright©PUSTAKA 2009 - 2017
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122 Telp. +62-251-8314706 (Hunting System) Faks. +62-251-8326561
Webmaster: pustaka@pertanian.go.id