English Version | Frequently Ask Questions (FAQ's)


 
     

Jerami Jangan Dibakar

Sumber: ptp


23 Juni 2015

Follow pustakabogor's board news on webs on Pinterest.

Petani telah lama memanfaatkan jerami sebagai pupuk organik. Namun, dengan adanya pupuk anorganik berkadar hara tinggi seperti urea, SP-36, dan KCl, penggunaan jerami sebagai penyubur tanah makin berkurang. Sebagian jerami dibakar atau diangkut keluar lahan untuk pakan ternak, pembuatan kertas atau budi daya jamur merang. Pembakaran jerami perlu dihindari karena akan menyebabkan banyak hara yang hilang, yaitu hara C berkurang 94%, N 91%, P 45%, K 75%, S 70%, Ca 30%, dan Mg 20% dari total kandungan hara tersebut dalam jerami.

Kompos jerami berperan penting dalam memperbaiki kesuburan fisika, kimia, dan biologi tanah. Peranan kompos jerami dalam meningkatkan kesuburan fisika tanah antara lain adalah (1) memperbaiki struktur tanah karena bahan organik dapat “mengikat” partikel tanah menjadi agregat yang mantap, (2) memperbaiki distribusi ukuran pori tanah sehingga daya pegang air (water holding capacity) tanah menjadi lebih baik dan pergerakan udara (aerasi) di dalam tanah juga menjadi lebih baik, dan (3) mengurangi fluktuasi suhu tanah.

Peranan kompos jerami terhadap kesuburan biologi tanah adalah sebagai sumber energi dan makanan bagi mikro dan meso fauna tanah. Peranan kompos jerami terhadap kesuburan biologi tanah adalah sebagai sumber energi dan makanan bagi mikro dan meso fauna tanah. jerami dapat dikomposkan dan diaplikasikan bersamaan dengan pengolahan tanah kedua. Untuk mempercepat proses pengomposan dapat digunakan dekomposer (inokulan mikroba), yang dibuat sendiri (mikroba lokal) atau membelinya di pasaran.

Informasi ini dimuat pada artikel Warta Penelitian dan Pengembangan Pertanian >> Vol.36 No.5 Th. 2014. Artikel tersebut dapat diakses secara gratis di situs web Pustaka.

   
Copyright©PUSTAKA 2009 - 2017
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122 Telp. +62-251-8314706 (Hunting System) Faks. +62-251-8326561
Webmaster: pustaka@pertanian.go.id