English Version | Frequently Ask Questions (FAQ's)


 
     

Cara Mudah Menghasilkan Benih Kubis Bunga

Sumber: publikasi


26 Oktober 2015

Follow pustakabogor's board news on webs on Pinterest.

Untuk menghasilkan sayuran yang berkualitas diawali dengan menggunakan benih yang baik. Hal ini berlaku pula untuk kubis bunga. Memproduksi benih kubis bunga yang berkualitas, ada beberapa tahapan yang dilalui. Benih kubis bunga dapat dibuat sendiri asal mengetahui tekniknya. Salah satu rahasianya ialah pemberian boron dan naungan untuk meningkatkan produksi benih. Tahapan tersebut yaitu penyiapan calon pohon induk, seleksi pohon induk, pemeliharaan pohon induk, panen dan penanganan benih, serta pengemasan dan penyimpanan.

Untuk pertama membuat benih kubis bunga, seleksi benih calon pohon induk dengan cara merendam benih dalam air. Benih yang baik akan tenggelam dan yang buruk akan mengapung. Benih lalu direndam 12 jam atau sampai pecah agar cepat berkecambah. Selanjutnya, benih disemai dibedengan atau bumbungan yang dibuat dari daun pisang, kertas makanan berplastik atau polibag kecil. Bibit dipindahkan ke lapangan setelah memiliki 3-4 daun atau kira-kira berumur satu bulan.

Pupuk yang digunakan berupa pupuk organik dan anorganik. Untuk pupuk organik dapat menggunakan pupuk kandang yang telah matang dengan takaran 12,5-17,5 t/ha (dengan asumsi populasi tanaman per hectare 25.000-35.000). Setelah berbunga, diseleksi tanaman yang akan dijadikan pohon induk, yaitu yang sehat dan bunganya bagus. Kemudian diberi tanda, setelah itu pemberian Boron dan pemasangan naungan dan ajir agar tidak rebah. Tangkai bunga diikat pada ajir agar tanaman dapat berdiri kokoh.

Informasi ini merupakan salah satu artikel yang tercantum dalam Warta Penelitian dan Pengembangan Pertanian ---> Vol.36 No.6 Th. 2014 yang dapat dilihat di sini.

   
Copyright©PUSTAKA 2009 - 2017
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122 Telp. +62-251-8314706 (Hunting System) Faks. +62-251-8326561
Webmaster: pustaka@pertanian.go.id