English Version | Frequently Ask Questions (FAQ's)


 
     

Menguak Sejarah dan Kekayaan Pertanian Indonesia Jaman Dulu

Sumber: pustaka


27 Januari 2016

Follow pustakabogor's board news on webs on Pinterest.

Indonesia dianugahi kekayaan alam dan kesuburan tanah yang telah diakui sejak ratusan tahun lalu. Berbagai tanaman tumbuh subur, dan terkenal hingga ke mancanegara.. Berbagai hasil pertanian yang tumbuh di Indonesia seperti coklat, rempah-rempah, teh dan tanaman lainnya memiliki nilai jual yang tinggi karena kualitasnya yang bagus. Tak heran, kekayaan alam Indonesia tersebut mengundang bangsa lain untuk mengeksplorasinya.

Kekayaan alam pertanian Indonesia yang subur dengan berbagai tanaman yang tumbuh di Indonesia tersebut dapat kita temukan saat kita membuka buku-buku pertanian yang ditulis sejak tahun 1615. Buku-buku tersebut tersimpan rapi di PUSTAKA, dan menjadi kekayaan koleksi yang sering disebut Koleksi Antiquariat. Koleksi antiquariat yang berjumlah lebih dari 6000 eksemplar itu saat ini tersimpan di ruang khusus. Sebagian besar buku tersebut ditulis dalam Bahasa Belanda oleh para peneliti Belanda yang saat melakukan survey dan menulis mengenai tanaman di Indonesia. Sebagain dari koleksi ini telah dilestarikan secara fisik dan dialih-mediakan, agar masyarakat pengguna dapat menggali dan memperoleh informasi tentang sejarah dan kekayaan pertanian Indonesia.

Bagi yang tertarik untuk menguak berbagai kekayaan alam kita, dapat mengunjungi Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) untuk membaca koleksi antiquariat yang telah dialih mediakan kedalam bentuk digital (e-book). Beberapa contoh buku antiquariat dan anotasinya dapat di lihat di website pustaka.litbang.pertanian.go.id.

   
Copyright©PUSTAKA 2009 - 2017
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122 Telp. +62-251-8314706 (Hunting System) Faks. +62-251-8326561
Webmaster: pustaka@pertanian.go.id