English Version | Frequently Ask Questions (FAQ's)


 
     

Gelar Teknologi di Taman Teknologi Pertanian Sedong, Cirebon

Sumber: PTP


29 Januari 2016

Follow pustakabogor's board news on webs on Pinterest.

Kementerian Pertanian, melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian sejak tahun 2015 berperan aktif dalam membangun dan mengembangkan Taman Sains Pertanian dan Taman Teknologi Pertanian sebagai sarana akselerasi impact recognition inovasi pertanian, sekaligus terobosan untuk memperderas arus inovasi pertanian kepada masyarakat. Pada tahun 2015 telah dibangun 1 Taman Sains dan Teknologi Pertanian di Cimanggu-Bogor, 5 Taman Sains Pertanian (TSP), dan Taman Teknologi Pertanian (TTP) di 16 kawasan di 16 kabupaten/kota sebagai wahana implementasi inovasi aplikatif spesifik lokasi yang matang dari hulu ke hilir dengan melibatkan stakeholders terkait yang salah satunya adalah TTP Sedong di Desa Windujaya, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon.

Dalam rangka mensosialisasikan hasil inovasi Badan Litbang Pertanian kepada petani, penyuluh, kalangan perguruan tinggi, stakeholders dan masyarakat umum, pada tanggal 28-29 Januari 2016 telah dilaksanakan Gelar Teknologi Pertanian (Geltek). Geltek yang digelar di kawasan TTP Sedong bertujuan untuk mendorong pemanfaatan dan penerapan pertanian modern pada komoditas lokal yang potensial dan strategis agar daya saing dan perekonomian masyarakat sekitar kawasan TTP lebih meningkat.

Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM., Msi yang hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Komisi IV DPR RI, ucapan terima kasih kepada Badan Litbang Pertanian-Kementerian Pertanian dan menyatakan komitmennya untuk mensukseskan dan mengembangkan TTP Sedong melalui potensi komoditas lokal khususnya mangga Gedong Gincu. Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Ir. Herman Khaeron, MSi. menyampaikan perlunya sinergi antara Pemerintah Pusat, Wakil Rakyat dan Pemerintah Daerah untuk memajukan pertanian dan perekonomian masyarakat khususnya di Kabupaten Cirebon. Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. M. Syakir, menyampaikan pentingnya teknologi dan modernisasi pertanian untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan daya saing produk pertanian.

Teknologi yang dipamerkan melalui fasilitas TTP antara lain: gedung alsin, gedung pakan, gedung pengolahan buah mangga, gedung Rice Milling Unit (RMU), dan teknologi kandang kelompok ternak kambing. Selain itu dipamerkan teknologi, demo produk dan pelatihan dari UK/UPT lingkup Badan Litbang Pertanian antara lain:

  • Mini Combine Harvester dari BBP Mektan,
  • Benih sayuran dari Balitsa,
  • Teknologi pengolahan Emping Garut dari BB Biogen,
  • Tanaman buah tropika dari Balitbu
  • Klinik Kesehatan Hewan dari BB Litvet
  • Demo pemakaian Soil Test Kit dari BBSDLP
  • Demo pembuatan olahan mangga dari BBPascapanen
  • Pelatihan perbanyakan vegetatif tanaman buah dari Balitbu
  • Pelatihan budidaya buah naga

    Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian memamerkan materi informasi antara lain berupa:

  • Terbitan terbaru Warta Penelitian dan Pengembangan Pertanian tahun 2015
  • Video Teknologi Pertanian dalam bentuk DVD
  • Poster teknologi pertanian yang diserahkan kepada perwakilan 10 Gapoktan di Kabupaten Cirebon dan pengunjung pameran
  • Tas koran yang berisi informasi mengenai Taman Teknologi Pertanian dan Taman Sains Pertanian.

    Pengunjung pameran umumnya berasal dari kalangan petani, penyuluh, pengusaha tani, mahasiswa, dan masyarakat umum. Minat dan antusias pengunjung terhadap produk yang dipamerkan terlihat dari ramainya stand dan banyaknya permintaan materi pameran.

  •    
    Copyright©PUSTAKA 2009 - 2017
    Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
    Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122 Telp. +62-251-8314706 (Hunting System) Faks. +62-251-8326561
    Webmaster: pustaka@pertanian.go.id