English Version | Frequently Ask Questions (FAQ's)


 
     

Persepsi Pemustaka Terhadap Kenyamanan Ruangan Perpustakaan Di Pusat Perpustakaan Dan Penyebaran Teknologi Pertanian

Sumber: publikasi


12 Februari 2016

Follow pustakabogor's board news on webs on Pinterest.

Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) merupakan eselon 2 lingkup Kementerian Pertanian yang memiliki tugas pokok melaksanakan pengelolaan perpustakaan dan penyebarluasan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) pertanian. Selain berperan sebagai penyedia informasi iptek pertanian untuk mendukung penelitian, penyuluhan, dan perumusan kebijakan pertanian, PUSTAKA juga membina perpustakaan unit kerja dan unit pelaksana teknis lingkup Kementerian Pertanian. Peran tersebut menuntut PUSTAKA untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan.

Layanan perpustakaan merupakan salah satu kunci keberhasilan penyelenggaraan perpustakaan, terutama dalam memenuhi kebutuhan informasi pemustaka. Kualitas pada dasarnya merupakan segala sesuatu yang memuaskan pemustaka. Beberapa ciri yang ada dalam kualitas layanan adalah kecepatan waktu layanan, akurasi layanan, kemudahan mendapatkan layanan; dan kenyamanan dalam memperoleh layanan yang berkaitan dengan lokasi, ruang layanan, ketersediaan informasi, dan atribut pendukung layanan seperti ruang tunggu yang dilengkapi penyejuk ruangan, kebersihan dan lain lain.

Perpustakaan dituntut untuk terus meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, diantaranya perbaikan sarana dan prasarana perpustakaan, termasuk ruangan perpustakaan. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap kenyamanan ruang perpustakaan di PUSTAKA. Perpustakaan yang memiliki ruangan-ruangan untuk fungsi yang berlainan sangat diperlukan dalam memenuhi kepuasan pemustaka. Ruangan perpustakaan yang paling dibutuhkan pemustaka adalah ruangan akses internet, diikuti ruangan baca, ruangan multi media, ruangan meja informasi, ruangan diskusi, ruangan baca personal, dan kid corner.

Seluruh jenis ruangan telah disediakan dengan baik oleh PUSTAKA, namun masih belum memenuhi harapan pemustaka. Pemustaka menyatakan ketersediaan ruangan baca masih belum memadai dibandingkan ruangan akses internet. Pemustaka merasa nyaman selama berada di ruangan perpustakaan, walaupun masih belum sesuai dengan kenyamanan yang diharapkan pemustaka.

Informasi ini merupakan salah satu artikel yang tercantum dalam Jurnal Perpustakaan Pertanian Vol 23, No 1 (2014).

   
Copyright©PUSTAKA 2009 - 2017
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122 Telp. +62-251-8314706 (Hunting System) Faks. +62-251-8326561
Webmaster: pustaka@pertanian.go.id