English Version | Frequently Ask Questions (FAQ's)


 
     

Bioplastik dari Serat Daun Nanas

Sumber: publikasi


2 Maret 2016

Follow pustakabogor's board news on webs on Pinterest.

Plastik memiliki kegunaan yang sangat luas, sebagai kantong, wadah ataupun kemasan. Plastik bersifat kuat namun ringan, fleksibel, dan stabil (tidak mudah bereaksi dengan udara, air, larutan asam, larutan basa, dan zat kimia lainnya). Keuntungan inilah yang mendorong masyarakat untuk terus menggunakan plastik, selain karena harganya tergolong murah. Ketergantungan masyarakat terhadap plastik telah mencapai titik yang sangat tinggi, padahal plastik tidak saja berbahaya bagi kesehatan, tetapi juga terhadap lingkungan karena plastik tidak dapat terurai oleh alam.

Sejalan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan dan lingkungan, kemasan yang aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan semakin dibutuhkan. Beberapa inovasi terkait kemasan pangan berbasis nanoteknologi dan tentunya bersifat terbarukan telah tersedia, misalnya packaging film. Daun nanas dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku nanoselulosa.

Kemasan bioplastik dari limbah pertanian (serat daun nanas) aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan. Plastik nanokomposit ini memiliki sifat fisik dan mekanis yang baik, selain mudah terurai secara alami. Informasi ini dimuat pada artikel Warta Penelitian dan Pengembangan Pertanian >> Vol.37 No.6 Th. 2015.

   
Copyright©PUSTAKA 2009 - 2017
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122 Telp. +62-251-8314706 (Hunting System) Faks. +62-251-8326561
Webmaster: pustaka@pertanian.go.id