English Version | Frequently Ask Questions (FAQ's)


 
     

Peran dan Strategi Penelitian untuk Sinergi Program Pembangunan Pangan dan Pertanian Nasional

Sumber:


20 Agustus 2016

Follow pustakabogor's board news on webs on Pinterest.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) meriviu secara keseluruhan perjalanan dan perannya selama ini juga prestasi yang diraih guna merumuskan ‘positioning’ yang lebih baik ke depan. Hal tersebut mengingat inovasi teknologi di bidang pertanian dan pangan dituntut terus hadir dalam upaya pencapaian arah pembangunan pertanian 2015-2019 berupa terwujudnya kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.

Riviu yang dilaksanakan dalam Focus Group Discussion (FGD) Peran dan Strategi Penelitian Pangan dan Pertanian Nasional, di Bogor 10 Agustus 2016 ini selain untuk mengkaji ulang positioning Balitbangtan juga memformulasikan sistem dan mekanisme terbaik untuk diseminasi produk-produk litbang kepada stakeholders terutama petani secara luas.

Selain itu, memperkuat kerangka kerja dan sinergi Balitbangtan dengan Unit-Unit Eselon I dalam pengarus-utamaan produk litbang bagi program masing-masing di bidang pembangunan pertanian dan pangan.

Adapun yang diharapkan dari Eselon I lingkup Kementan khususnya adalah berbagi pengalaman Unit-Unit Eselon I dalam berinteraksi dengan Balitbangtan, terutama pemanfaatan produk litbang dalam memenuhi kebutuhan program masing-masing; keinginan (kebutuhan) Unit-Unit Eselon I dalam kaitan produk litbang serta positioning Balitbangtan dari sudut pandang dan perspektif masing-masing.

Kemudian saran dan kritik Unit Eselon I dalam rangka re-orientasi dan refocusing posisi dan peran Balitbangtan yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhan maing-masing; juga masukan Unit-Unit Eselon I dalam upaya Balitbangtan mendukung kebijakan dan program pembangunan pertanian dan pangan di tingkat Kementan dan Nasional.

   
Copyright©PUSTAKA 2009 - 2017
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122 Telp. +62-251-8314706 (Hunting System) Faks. +62-251-8326561
Webmaster: pustaka@pertanian.go.id