English Version | Frequently Ask Questions (FAQ's)


 
     

PENELITI, PENYULUH DAN PUSTAKAWAN BPTP BENGKULU MENDAPATKAN SOSIALISASI DIGITAL LIBRARY TERLANGGAN PUSTAKA

Sumber: perpustakaan


9 September 2016

Follow pustakabogor's board news on webs on Pinterest.

Pada tahun 2016 Pustaka Bogor melanggan 3 database jurnal online (Digital Library), yaitu Science Direct, Springer Link, dan ACSESS DL (Aliance of Crop, Soil, and Environmental Science Societies Digital Library). Kenyataan menunjukkan bahwa pemanfaatan jurnal tersebut masih rendah, dengan jumlah tertinggi artikel fulltext yang didownload pengguna lingkup Kementerian Pertanian hanya mencapai 8 ribu pada bulan januari 2016.

Bimbingan pemanfaatan jurnal online yang dilanggan Pustaka yang dikemas melalui “Sosialisai Perpustakaan Digital Terlanggan Pustaka” dilaksanakan pada tanggal 8 September 2016 mulai pukul 09.00 s.d. 11.00 WIB di Ruang Rapat laboratorium Diseminasi BPTP Bengkulu. Sosialisasi dibuka oleh Kepala BPTP Bengkulu, Dr. Ir. Dedi Sugandi, MP dan dihadiri oleh 25 orang peneliti, penyuluh dan pustakawan. Dalam sambutannya, Kepala BPTP Bengkulu menekankan perlunya memanfaatkan jurnal online untuk keperluan penelitian dan penyuluhan. Apalagi tuntutan untuk mengumpulkan credit point yang berasal dari KTI yang memerlukan artikel dari jurnal primer sebagai referensi dalam penulisan KTI. Untuk itu sosialisasi ini menguntungkan peneliti dan penyuluh untuk mendapatkan kiat-kiat memperoleh informasi yang diperlukannya.

Sosialisasi disampaikan oleh Dr. Drs. Bambang Winarko, MSc. dan Ir. Heryati Suryantini, MSi. kepada peneliti, penyuluh dan pustakawan terkait dengan content dari digital library yang dilanggan Pustaka seperti disiplin/subjek dan kandungan jurnal online (baik yang dapat dan tidak dapat diakses). Pada saat itu juga disampaikan kiat-kiat dalam memperoleh informasi melalui fasilitas browsing dan searching (simple dan advance), serta bagaimana mendownload dan mencetak artikel yang telah ditemukan. Peserta sosialisasi sangat antusias terhadap materi yang diberikan, terlihat dari keinginan untuk mendapatkan password dan dapat segera mengakses digital library tersebut.

   
Copyright©PUSTAKA 2009 - 2017
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122 Telp. +62-251-8314706 (Hunting System) Faks. +62-251-8326561
Webmaster: pustaka@pertanian.go.id