English Version | Frequently Ask Questions (FAQ's)


 
     

MENDENGARKAN DONGENG OLEH KANG DIDIN DALAM RANGKA HARI KUNJUNG PERPUSTAKAAN (HKP) 2016

Sumber: perpustakaan/en


21 September 2016

Follow pustakabogor's board news on webs on Pinterest.

Dongeng bukan hanya sekadar bercerita, mendongeng merupakan interaksi dan komunikasi baik melalui buku, boneka maupun media lainnya kepada anak-anak guna mengirimkan pesan tertentu, tanpa terkesan menggurui. Oleh karena itu, guna meningkatkan profesionalisme pustakawan sebagai mediator dan fasilitator, dan untuk menumbuhkan minat baca anak-anak terhadap buku dan perpustakaan, maka pada moment Hari Kunjung Perpustakaan (HKP) 2016, PUSTAKA mengadakan kegiatan mendengarkan dongeng yang dilaksanakan pada tanggal 20 September 2016.

Narasumber pendongeng yaitu Kang Didin. Peserta mendongeng adalah siswa-siswi SD se-kota Bogor. Anak-anak dan guru sangat antusias dalam mendengarkan dongeng, terlihat dari tempat yang disediakan melebihi kapasitas. Jumlah peserta kurang lebih mencapai 2.000 peserta. Dalam mendongeng kang Didin menyampaikan pesan kepada anak-anak bahwa untuk menjadi anak yang pintar dan berpengetahuan luas anak-anak harus rajin membaca.

Membaca merupakan kegiatan yang harus dilakukan minimal 1 buku perminggu, kalau kegiatan ini rutin dilakukan maka minat baca anak akan tumbuh dengan sendirinya. Selama proses mendongeng berlangsung, Kang Didin banyak berinteraksi dengan anak-anak melalui tanya jawab. Berdasarkan saran yang masuk dari siswa dan guru, diharapkan acara ini dapat berlangsung secara rutin dan ditambah jumlah harinya.

   
Copyright©PUSTAKA 2009 - 2017
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122 Telp. +62-251-8314706 (Hunting System) Faks. +62-251-8326561
Webmaster: pustaka@pertanian.go.id