English Version | Frequently Ask Questions (FAQ's)


 
     

Gertam Cabai di Pekarangan, 25 Ribu Bibit Tiap Provinsi

Sumber: PUSTAKA/ptp


30 Januari 2017

Follow pustakabogor's board news on webs on Pinterest.

Harga cabai dalam satu bulan terakhir ini sangat mencekik. Faktor utama kenaikan harga cabai ini disebabkan tingginya permintaan konsumen. Harga cabai yang meroket hingga Rp 100.000 per kilo gram dipasar tradisional.

Sebagai solusi kenaikan harga cabai belakangan ini Kementrian Pertanian mencanangkan Gerakan Nasional Penanaman Cabai (Gertam Cabai). 50 juta pohon cabai di pekarangan di Jawa Tengah penanaman cabai dilakukan secara simbolis dikantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan jawa Tengah oleh mentri pertanian bersama Ketua Tim Penggerak PKK (Pembina Kesejahteraan Keluarga) Jawa Tengah Siti Aikoh dan pejabat lainnya.

"Ini solusi permanen untuk cabai, bisa bayangkan kalau 60 juta rumah tangga tanam cabai, hanya 5 batang per rumah tangga, itu selesai, bisa dinikmati 7 sampai 8 bulan," kata Mentan.

Lebih lanjut, Mentan mengarahkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) khususnya BPTP di setiap provinsi untuk membibitkan jenis sayur dan buah yang sesuai untuk tanaman pekarangan rumah.

Selain BPTP Balitbangtan Jawa Tengah, BPTP yang telah melaksanakan program Gertam Cabai yaitu Jambi, Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Banten, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Riau serta Kepulauan Bangka Belitung.

   
Copyright©PUSTAKA 2009 - 2017
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122 Telp. +62-251-8314706 (Hunting System) Faks. +62-251-8326561
Webmaster: pustaka@pertanian.go.id