English Version | Frequently Ask Questions (FAQ's)


 
     

Sosialisasi "iTani" Perpustakaan Digital dan Tata Kelola TI

Sumber: PUSTAKA/ptp/my


31 Maret 2017

Follow pustakabogor's board news on webs on Pinterest.

Jumat tgl 31 Maret 2017 Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) menggelar sosialisasi tentang "iTani" dan Tata Kelola TI di lingkup PUSTAKA. Sosialisasi dipandu oleh Bambang S.Sankarto, Kepala Bidang Perpustakaan. PUSTAKA dan didampingi oleh Narasumber dari P.T Aksara maya Ferdi Firsyah dan Muhammad Erick

Tujuan sosialisasi agar semua staf PUSTAKA lebih familiar dengan aplikasi perpustakaan digital yang disebut "iTani"

Sebelum Nara Sumber menjelaskan tentang seluk beluk "iTani" Sosialisasi diawali dengan pemaparan tentang Tata Kelola TI di PUSTAKA yang disampaikan oleh Ifan Muttaqien, selaku Kasubbid Tata Kelola TI

Kita sadari semakin berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi telah merubah perilaku Sosial masyarakat antara lain berbelanja, mencari informasi dan berkonsultasi. Hal tersebut berdampak pula terhadap pengguna perpustakaan, yang semula datang ke Perpustakaan. Saat ini lebih senang mengakses informasi di Smartphonenya, oleh karena itu untuk menjawab perubahan perilaku tersebut PUSTAKA mengembangkan aplikasi “iTani”. Suatu aplikasi perpustakaan digital berbasis media social.

Konsep dari "itani" adalah menyatukan konten dan komunitas dalam sebuah aplikasi yang mudah dan menyenangkan. Tidak hanya itu, "itani" di-setting untuk mampu menggerakkan komunitas agar berperan dalam pembangunan pertanian.

Dengan pemahaman yang diberikan kepada Staf PUSTAKA melalui kegiatan Sosialisasi ini, diharapkan pelayanan kepada masyarakat akan lebih efisiensi dan memuaskan.

Bambang S. Sankarto, Kepala Bidang Perpustakaan, PUSTAKA, menjelaskan "itani" adalah suatu aplikasi yang menggabungkan fitur membaca buku digital dan berinteraksi antar warga lewat fitur media sosial yang dapat diatur. Dalam "itani" terdapat masa keanggotaan, jumlah copy buku, waktu pinjam, dan jumlah buku yang akan dipinjam. Tidak hanya itu, "itani" yang dilengkapi dengan fitur sosial media ini, dapat diakses secara online dan offline, baik itu melalui tablet, smartphone, laptop, maupun PC. Di dalam "itani" terdapat online store yang akan bekerja sama antara IAARD Press, AGRImart, ticketing, dan lain-lain.

"itani" terdiri dari beberapa perpustakaan digital lingkup Kementerian Pertanian, dimana semua perpustakaan digital tersebut diintegrasikan dalam satu aplikasi. Seperti aplikasi pada umumnya, "itani" pun dilengkapi dengan security system untuk melindungi data-data yang dimiliki. Prototype "itani" direncanakan akan selesai pada bulan September 2016.

   
Copyright©PUSTAKA 2009 - 2017
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122 Telp. +62-251-8314706 (Hunting System) Faks. +62-251-8326561
Webmaster: pustaka@pertanian.go.id