English Version | Frequently Ask Questions (FAQ's)


 
     

Pelatihan iTani pada PENAS XV

Sumber: PUSTAKA/ptp/ES


8 Mei 2017

Follow pustakabogor's board news on webs on Pinterest.

Ajang Pekan Nasional (PENAS) XV Petani Nelayan tahun 2017 yang diselenggarakan di Area Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh merupakan kalender kegiatan rutin setiap 3 tahun sekali. Bagi para petani dan nelayan di seluruh Indonesia, momen tersebut dimanfaatkan untuk mempererat tali silaturahmi, koordinasi, konsolidasi, kemitraan, promosi, saling berbagi informasi, apresiasi dan pengembangan diri dan sebagainya.

Dalam rangka pengembangan diri bagi petani dan nelayan Indonesia, diselenggarakan beberapa kegiatan antara lain temu teknis, pelatihan dan sosialisasi, termasuk kegiatan Pelatihan Jaringan Informasi Agribisnis yang dilaksanakan oleh Panitia PENAS XV Bidang Kemitraan Usaha dan Jaringan Informasi Agribisnis, Seksi Pengembangan Jaringan Informasi Agribisnis.

Pelatihan tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 6 sampai dengan 10 Mei 2017, di Gedung Laboratorium Komputer SMK N 1 Banda Aceh yang tidak jauh dari lokasi PENAS XV. Peserta pelatihan adalah petani dan nelayan yang berasal dari seluruh Indonesia. Setiap hari dibagi menjadi 2 sesi dengan peserta yang berbeda, dan setiap sesi diikuti oleh kurang lebih 40 orang peserta.

PUSTAKA mengambil peran pada pelatihan tersebut dengan mensosialisasikan sekaligus mempraktekan pemanfaatan aplikasi berbasis telepon seluler (Ponsel) “iTani” pada tanggal 8 Mei 2017. Peserta sangat antusias mengunduh, melakukan installasi pada ponsel mereka masing-masing, melakukan registrasi dan mencoba meminjam serta membaca buku atau koleksi lainnya yang sudah tersedia pada aplikasi iTani. Selain itu, bagi peserta yang tidak memiliki ponsel berbasis android, disediakan komputer untuk mempraktekkan pemanfaatan iTani.

Cara yang mudah dan menyenangkan bagi petani dan nelayan, karena iTani mereka dapat mengakses informasi pengetahuan dimanapun dan kapanpun melalui ponsel.

   
Copyright©PUSTAKA 2009 - 2017
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122 Telp. +62-251-8314706 (Hunting System) Faks. +62-251-8326561
Webmaster: pustaka@pertanian.go.id