English Version | Frequently Ask Questions (FAQ's)


 
     

PUSTAKA Meriahkan Pameran 2 Abad HUT Kebun Raya Bogor

Sumber: PUSTAKA/en/my


21 Mei 2017

Follow pustakabogor's board news on webs on Pinterest.

Pameran merupakan salah satu sarana promosi bagi suatu organisasi atau lembaga untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat luas. PUSTAKA menggunakan pameran sebagai salah satu media promosi jasa layanan perpustakaan maupun informasi teknologi pertanian. Bertempat di lapangan Kebun Raya Bogor pada tanggal 18-21 Mei 2017, Pustaka mengikuti pameran dalam rangka peringatan 2 abad Kebun Raya Bogor.

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) 2 abad Kebun Raya Bogor tersebut dimeriahkan sejumlah acara, seperti Pameran Perkebunrayaan (18-21 Mei ), KRB 200K Run (20-21 Mei), Kegiatan Pendidikan Lingkungan (19-21 Mei), sepeda santai (20 Agustus), seminar, festival seni budaya, dan lomba fotografi

Mantan Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri hadir dalam perayaan ulang tahun Kebun Raya Bogor (KRB) yang genap berusia 2 abad, pada hari Kamis (18/7/2017). Megawati hadir sebagai ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia. Selain Megawati, sejumlah pejabat lainnya ikut hadir, di antaranya Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki

Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya, Didik Widyatmoko mengatakan, pada momentum perayaan 200 tahun KRB ini, tema yang diangkat adalah "Plant and People in Harmony"."Plant and People in Harmony itu karena Kebun Raya Bogor ingin mengingatkan kepada kita semua tentang peran penting tumbuhan di alam," ucap Didik. Pada pameran Kebun Raya ini, ditampilkan hasil penelitian dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Pengunjung Kebun Raya Bogor dapat melihat pameran secara gratis tanpa dipungut biaya.

Peserta pameran ini terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta serta beberapa peserta bazar yang menjual aneka produk kreatif. Instansi peserta pameran secara umum terkait dengan perkebunrayaan dan ilmu pengetahuan, misalnya beberapa unit kerja di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) sebagai instansi induk Kebun Raya Bogor, beberapa unit kerja di Kementerian Pertanian diantaranya PUSTAKA, Balitri dan Balitro dan instansi pemerintah lain. Peserta swasta misalnya Sari Ayu,dan Taman Bunga Cipanas.

Pada pameran ini PUSTAKA menyajikan berbagai informasi teknologi pertanian melalui berbagai komik pertanian, warta Litbang dan CD teknologi pertanian. Selain itu dipamerkan juga berbagai koleksi antiquariat (koleksi dengan usia di atas 50 tahun) tentang perkebunrayaan yang ada di PUSTAKA. Begitu juga hasil alih media digital berbagai koleksi antiquariat yang disajikan dalam bentuk flipping book di komputer bisa dilihat oleh pengunjung pameran. PUSTAKA memiliki aplikasi perpustakaan digital pertanian yaitu iTani yang turut serta di promosikan pada pameran ini. Selain itu stand PUSTAKA membagikan secara gratis tas lipat sebagai souvenir.

Pengunjung stand perpustakaan terdiri dari mahasiswa, pelajar, peneliti, guru, swasta dan lainnya, umumnya mereka sangat tertarik dengan materi yang disajikan karena terkait teknologi pertanian yang sangat digandrungi saat ini. Pengunjung tampak antusias jika berkunjung ke stand PUSTAKA. Pengunjung anak-anak sangat senang dengan komik pertanian yang disajikan. Pengunjung dewasa umumnya terkesan dengan CD teknologi pertanian, koleksi antiquariat dan hasil alih media digitalnya. Perpustakaan digital iTani menambah antusiasme pengunjung untuk mendatangi stand PUSTAKA. Pengunjung yang dikenalkan dengan iTani tertarik untuk mengetahui bagaimana cara melakukan akses terhadap perpustakaan digital iTani. Pengunjung merasa senang karena mereka bisa mengekses informasi pertanian secara gratis dan mudah melalui smart phone mereka maisng-masing.

   
Copyright©PUSTAKA 2009 - 2017
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122 Telp. +62-251-8314706 (Hunting System) Faks. +62-251-8326561
Webmaster: pustaka@pertanian.go.id