English Version | Frequently Ask Questions (FAQ's)


 
     

Kunjungan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam Rangka Kegiatan Preservasi

Sumber: PUSTAKA/Perpustakaan/LS


26 Mei 2017

Follow pustakabogor's board news on webs on Pinterest.

Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian pada hari Jumat, 26 Mei 2016 mendapatkan kunjungan dari Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kunjungan tersebut berkaitan dengan mata kuliah Preservasi Koleksi yang sedang diperoleh mahasiswa pada semester kedua. Kunjungan dihadiri oleh mahasiswa/mahasiswi sebanyak 34 orangi didampingi oleh seorang pembimbing yang memegang mata kuliah tersebut.

Kunjungan diterima oleh Bapak Akhmad Syaikhu H.S, S.Sos, MT selaku kepala Sub Bidang pengelolaan sumberdaya perpustakaan dan Bapak Eka Kusmayadi, M.Hum sebagai pustakawan yang bertanggung jawab dalam kegiatan preservasi dan konservasi bahan pustaka di PUSTAKA. Dalam sambutannya Bapak Syaikhu menyatakan bahwa PUSTAKA menerima dengan baik kunjungan dari para mahasiswa. PUSTAKA juga bersedia untuk menerima bagi mahasiswa yang akan melakukan praktek kerja atau magang ataupun akan melakukan penelitian. Acara dilanjutkan dengan pemamparan materi dan tanya jawab mengenai preservasi oleh Bapak Eka Kusmayadi. Kegiatan dilanjutkan dengan observasi untuk mengetahui kegiatan preservasi dan konservasi di PUSTAKA.

Kegiatan observasi dibagi kedalam 4 kelompok dengan pendampingan dari beberapa orang pustakawan dari PUSTAKA. Peserta dapat melihat koleksi tua (antikuariat) yang dimiliki oleh PUSTAKA, dan dapat melihat berbagai kerusakan bahan pustaka yang disebabkan oleh berbagai faktor biologis dan kimiawi. Observasi dilakukan pada setiap proses kegiatan preservasi dan konservasi yaitu proses kegiatan penjilidan, kegiatan laminasi, dan kegiatan alih media. Pada setiap proses tersebut, mahasiswa diberikan penjelasan, melihat secara langsung bagaimana prosesnya dan juga langsung mempraktekkannya. Hal tersebut diharapkan akan dapat memberikan pengetahuan sekaligus pengalaman bagi mahasiswa.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan. Mereka merasa sangat senang dapat langsung melihat bagaimana proses preservasi dan konservasi bahan pustaka yang dilakukan di PUSTAKA, sehingga bukan hanya teori yang mereka dapatkan tetapi juga pengalaman bagaimana melakukan preservasi dan konservasi bahan pustaka secara langsung.

   
Copyright©PUSTAKA 2009 - 2017
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122 Telp. +62-251-8314706 (Hunting System) Faks. +62-251-8326561
Webmaster: pustaka@pertanian.go.id